Friday 30 September 2016

6 Agama di Indonesia Beserta Dengan Kitab Sucinya


Kalian semua pasti sudah tahu tentang Kitab Suci. Bagi yang belum tahu, Kitab Suci adalah sebuah buku yang menganut ajaran ajaran Tuhan sesuai dengan system ajaran agamanya. Berikut adalah 6 agama di Indonesia beserta kitab suci nya.

1. Agama Islam

Kitab suci Agama Islam adalah “Al-Qur’an“. Terdiri dari beberapa bagian yang disebut dengan surah. Terdapat 114 surah dalam AL-Qur’an, yang mana dalam setiap surah terdapat beberapa ayat. Sebagai contoh, AL Baqarah adalah surah terpanjang yang memiliki 286 ayat. Sedangkan untuk surah yang terpendek berisikan 3 ayat seperti surah Al Kautsar.



2. Agama Kristen Protestan

Kitab suci Agama Kristen Protestan adalah “Alkitab“, yang terdiri dari 66 kitab (39 kitab Perjanjian Lama dan 27 kitab Perjanjian Baru).



3. Agama Katolik
Kitab suci Agama Katolik adalah “Alkitab“, yang terdiri dari 72 kitab (Perjanjian Lama terdiri dari 46 kitab sedangkan Perjanjian Baru terdiri dari 27 kitab). Sama seperti Kristen Protestan tetapi pada Alkitab Katolik terdapat kitab tambahan. Alkitab Katolik biasa disebut Alkitab Deuterokanonika.



4. Agama Hindu
Kitab suci Agama Hindu adalah Weda, yang biasa disebut juga dengan nama Catur Weda, yaitu Regweda, Yajurweda, Samaweda dan Atharwaweda.



5. Agama Buddha
Kitab suci Agama Buddha adalah Tripitaka.



6. Agama Kong Hu Cu
Kitab suci Agama Kong Hu Cu dibagi ke dalam beberapa kelompok, yaitu sebagai berikut :

Wu Jing (Kitab Suci yang Lima), terdiri dari : Kitab Sanjak Suci (Shi Jing), Kitab Dokumen Sejarah (Shu Jing), Kitab Wahyu Perubahan (Yi Jing), Kitab Suci Kesusilaan (Li Jing), Kitab Chun-qiu (Chunqiu Jing).

Si Shu (Kitab Yang Empat), terdiri dari : Kitab Ajaran Besar (Da Xue), Kitab Tengah Sempurna (Zhong Yong), Kitab Sabda Suci (Lun Yu), Kitab Mengzi (Meng Zi).

Xiao Jing (Kitab Bhakti)


Berikut adalah kitab suci tiap tiap agama, Semoga Berguna!





0 comments:

Post a Comment