Monday 31 October 2016

Contoh - Contoh Peraturan Tidak Tertulis di Lingkungan Masyarakat.


Banyak dari kita mengetahui peraturan - peraturan yang sudah tertulis dalam lingkungan masyarakat. Misalnya membayar pajak, memakai helm ketika berkendara dengan sepeda motor dan lain lain. Meskipun kita sudah memahami peraturan - peraturan tersebut, jujur saja kalian pasti masih melanggarnya setidaknya sekali. Nah pada kali ini saya tidak akan membahas tentang peraturan tertulis melainkan saya membahas tentang peraturan yang tidak tertulis di lingkungan masyarakat. Berikut contoh - contohnya...



1. Jangan memotong pembicaraan orang lain.

Peraturan ini mungkin sudah kalian dengar sejak kecil. Memang sudah seharusnya kita menghormati orang yang masih berbicara orang lain. Biasakan untuk mengajak orang tersebut berbicara ketika orang tersebut sudah selesai melakukan pembicaraanya dengan orang lain.


2. Menggunakan tangan kanan ketika memberikan dan menerima barang.

Peraturan ini agak aneh karena kalian pasti bertanya tanya "kenapa kita harus menggunakan tangan kanan kok tidak tangan kiri?". Sudah dari nenek moyang masyarakat menganggap tangan kanan adalah tangan yang sopan. Tapi bagaimana jika kita membawa banyak barang dan terpaksa harus menggunakan tangan kiri? yang kalian lakukan tinggal bilang "maaf, tangan kiri" maka orang tersebut sudah tau alasan kenapa kamu menggunakan tangan kiri.


3. Tidak boleh berkata kotor.

Sepertinya peraturan ini tertulis ketika kita masih dalam lingkungan sekolah. Kalian harus menggunakan kata kata yang sopan ketika berkomunikasi dengan orang apalagi dengan orang yang lebih tua. Orang yang sulit lepas dari kata kata ini terutama orang yang tinggal di Surabaya. Kata kata kotor seperti sudah menjadi kata kata yang baku sehingga digunakan sehari hari. Tetapi jika tidak begitu, maka orang orang tersebut tidak akan akrab.


4. Berpakaian yang tidak terlalu terbuka.

Ya peraturan ini sama dengan peraturan ke tiga karena peraturan tersebut tertulis di sekolah. Orang orang biasanya menyebut dengan "Jangan memakai baju yang kekurangan kain". Terdengar lucu bukan?.


5. Mengucap salam.

Yang satu ini sudah sering kita dengar. Sudah seharusnya kita menyapa dan memberi salam orang yang kita kenal maupun tidak kenal. Tetapi bukan berarti memberi salam kepada semua orang seperti kita lagi jalan jalan di mall lalu menyapa seluruh orang yang lewat di depan kita nanti malah dianggap orang gila hahaha. Orang yang tidak kenal adalah orang seperti ketika kita memasuki gang dan ada satpam yang menjaga, dan kita harus menyapa satpam itu.



Berikut contoh contohnya, semoga bermanfaat guys!

0 comments:

Post a Comment